5 Bahaya Cemburu Berlebihan bagi Kesehatan Fisik dan Hubungan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   13 Juni 2022

“Ada banyak bahaya cemburu berlebihan yang perlu diwaspadai. Salah satunya adalah risiko masalah kesehatan fisik dan mental.”

5 Bahaya Cemburu Berlebihan bagi Kesehatan Fisik dan Hubungan5 Bahaya Cemburu Berlebihan bagi Kesehatan Fisik dan Hubungan

Halodoc, Jakarta – Kecemburuan adalah emosi yang bisa dialami ketika sesuatu yang berharga terancam dan berpotensi diambil dari kamu. Misalnya pasangan, atau posisi di tempat kerja. Namun, ada bahaya cemburu berlebihan yang perlu diwaspadai.

Salah satunya, bila dalam hubungan percintaan, ini bisa membuat hubungan yang sehat dan harmonis jadi rusak. Selain itu, cemburu berlebihan juga bisa berdampak pada kesehatan fisik. Mau tahu lebih lanjut? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Berbagai Bahaya Cemburu Berlebihan

Meskipun biasanya dianggap sebagai emosi negatif, akan tetapi cukup wajar jika seseorang mengalami kecemburuan dalam hubungan dekat. Pada batas tertentu, cemburu bahkan disebut-sebut sebagai “bumbu” yang dapat menjadi bukti cinta dan mempererat suatu hubungan. 

Namun, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk kecemburuan. Berikut ini beberapa bahaya cemburu berlebihan yang perlu diwaspadai:

1. Hubungan Jadi Retak

Tidak ada orang yang betah mempunyai pasangan yang cemburuan. Hanya mengobrol dengan teman lawan jenis saja langsung dicemburui. Pasangan kamu juga akan merasa dirinya terkekang dan tidak bebas melakukan kegiatannya sehari-hari.

Jika kecemburuan berlebihan yang kamu perlihatkan terus berlanjut, bukan tidak mungkin pasanganmu menjadi jenuh. Hubungan yang awalnya harmonis bisa jadi retak dan bahkan mungkin harus berakhir.

2. Dijauhi oleh Orang-Orang Sekitar

Sikap kamu yang selalu mencemburui pasangan secara berlebihan juga akan membuat teman-teman di sekelilingmu berpikir bahwa kamu adalah orang yang aneh dan menyebalkan.

Tanpa sadar kamu juga dapat menyebarkan pengaruh yang negatif kepada mereka. Jadi, jika kamu tidak mau dijauhi teman-teman, coba redam rasa cemburumu, ya.

3. Berdampak Buruk pada Mental

Cemburu berlebihan juga bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan mental. Ini hanya akan membuat kamu selalu curiga kepada semua orang, sering cemas, dan melihat sisi negatif dari segala sesuatu.

Rasa cemburu berlebihan juga bisa jadi tanda kurangnya rasa percaya diri, yang lama-kelamaan membuat kamu merasa diri tidak berharga, dan pesimis. Kamu akan selalu merasa sedih, marah, hingga akhirnya menjadi stres, bahkan depresi. Oleh karena itu, jangan biarkan rasa cemburu merusak kondisi mental kamu.

4. Menyebabkan Gejala pada Fisik

Tidak hanya kondisi mental, kesehatan fisik juga bisa terganggu jika kamu cemburu berlebihan, lho. Berikut ini gejala fisik yang bisa terjadi saat rasa cemburu muncul:

  • Sakit perut.
  • Sakit kepala.
  • Nyeri dada.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Palpitasi.
  • Kenaikan atau penurunan berat badan.
  • Insomnia atau gangguan tidur.
  • Nafsu makan buruk.
  • Imunitas yang melemah.

5. Berisiko Kesepian

Rasa cemburu berlebihan bisa membuat hubungan jadi rusak, dijauhi teman, dan bahkan membuat kamu sulit menjalin hubungan yang baru karena terlalu cemas. Jika dibiarkan, hal ini berisiko membuat kamu kesepian.

Tips Mengatasinya

Itu tadi berbagai bahaya cemburu berlebihan yang perlu dipahami. Jika tidak berusaha mengatasinya, tentu kamu yang akan merugi. Berikut ini beberapa tips mengatasi rasa cemburu agar tidak berlebihan:

  • Hadapi Rasa Takut. Kecemburuan dapat berasal dari rasa takut atau citra diri yang buruk. Jadi, jangan terlalu takut kehilangan pasangan atau takut gagal.
  • Bicarakan dengan Pasangan. Jika ada hal yang kamu harapkan dari pasangan, cobalah untuk membicarakannya baik-baik. Namun, jangan membuat harapan yang tidak masuk akal dan sulit dilakukan pasangan, ya.
  • Bersyukur. Alih-alih terus cemas dan berpikiran negatif, cobalah untuk banyak bersyukur akan segala sesuatu yang kamu miliki. Ini bisa membantu kamu lebih positif.
  • Terbuka dan Jujur. Buatlah kesepakatan dengan pasangan untuk saling terbuka dan jujur untuk segala sesuatu. Ini bisa meminimalisir kesalahpahaman yang merusak hubungan.
  • Berlatih Mindfulness. Saat merasakan cemburu atau emosi negatif lainnya, cobalah berlatih meditasi dan mindfulness.

Nah, itulah pembahasan mengenai bahaya cemburu berlebihan dan hal-hal yang bisa dilakukan. Untuk menjaga hubungan yang sehat, kamu harus mengomunikasikan perasaan, dan membangun fondasi rasa saling percaya dan pengertian.

Jika kamu merasa kesulitan untuk mengatasi kecemburuan berlebihan, cobalah meminta bantuan ahlinya. Kamu bisa download Halodoc untuk membuat janji medis dengan psikolog atau psikiater kapan saja.

Referensi:
Very Well Mind. Diakses pada 2022. What is Jealousy?
Psych Central. Diakses pada 2022. How Jealousy Can Destroy a Relationship (And How to Not Let That Happen).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan