4 Tips Kreatif agar Anak Suka Makan Sayur Kangkung

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   24 Agustus 2022

“Terdapat beberapa tips kreatif yang dapat ibu terapkan agar anak suka makan sayur kangkung. Salah satunya adalah dengan mengajak anak untuk makan sayur kangkung bersama.”

4 Tips Kreatif agar Anak Suka Makan Sayur Kangkung4 Tips Kreatif agar Anak Suka Makan Sayur Kangkung

Halodoc, Jakarta – Berbagai nutrisi penting sangatlah diperlukan guna menunjang pertumbuhan anak. Perlu diketahui bahwa anak-anak membutuhkan zat gizi yang terdiri dari zat gizi makro dan mikro. Untuk zat gizi makro, nutrisi tersebut dapat berupa protein, lemak, dan karbohidrat. Sementara itu, zat gizi mikro, terdiri dari vitamin dan mineral. Nah, salah satu makanan yang memiliki kedua kandungan tersebut adalah sayuran. 

Namun, sayangnya banyak anak-anak yang tidak menyukai sayuran. Padahal, sayuran seperti kangkung misalnya, kaya akan nutrisi penting, sekaligus serat yang bermanfaat bagi pencernaan anak. 

Maka dari itu, penting bagi ibu untuk mengetahui apa saja tips kreatif agar anak suka makan sayuran seperti kangkung. Penasaran apa saja tipsnya? Simak ulasannya di sini! 

Tips Kreatif Agar Anak Suka Makan Sayur Kangkung

Terdapat beberapa tips kreatif yang dapat ibu terapkan agar anak suka makan sayur kangkung, antara lain: 

1. Ajak Anak untuk Makan Bersama

Mengenalkan berbagai jenis sayuran sedari dini sangatlah penting agar anak tertarik untuk mengonsumsinya. Nah, hal yang dapat ibu lakukan untuk mengenalkan aneka sayuran seperti kangkung adalah dengan ajak anak untuk makan bersama. 

Sebab, anak cenderung meniru perilaku kedua orang tuanya. Alhasil, jika anak menyaksikan orang tuanya makan sayuran, hal ini dapat diharapkan dapat menjadi contoh yang baik untuk dirinya. Bisa jadi, ketika ibu mengonsumsi sayur kangkung dengan lahap, anak juga mungkin akan penasaran terkait rasa dan teksturnya, lalu mencobanya. 

2. Campurkan Kangkung ke Dalam Makanan Favorit Anak 

Tips yang dapat ibu coba terapkan adalah dengan mencampurkan kangkung ke dalam makanan favorit anak. Hal ini dapat dilakukan dengan modifikasi jenis makanan tertentu. Contohnya seperti mencampurkan sayuran seperti kangkung ke dalam mie atau sebagainya. 

Semakin kreatif menu yang dibuat dengan sayuran seperti kangkung, semakin tertarik juga anak untuk mengonsumsi sayuran tersebut. Kabar baiknya, ibu juga dapat mencoba mencampurkan sayuran lainnya ke makanan anak. Misalnya seperti membuat pasta yang dicampurkan dengan bayam. 

3. Sajikan dengan Tampilan yang Menarik

Bentuk dan tampilan masakan berupa sayuran yang menarik diharapkan dapat menggoda anak untuk mau mengonsumsi sayuran seperti kangkung. Karena itu, cobalah untuk menyajikan sayur kangkung dengan tambahan bahan yang menarik perhatian anak. 

Misalnya dengan menambahkan udang atau cumi-cumi pada sayur kangkung. Selain itu, ibu juga dapat menyajikan sayur kangkung ke dalam piring atau wadah favorit anak. Dengan demikian, diharapkan anak akan lebih tertarik untuk mengonsumsi sayuran seperti sayur kangkung. 

4, Ajak Anak untuk Belanja Sayur Bersama

Tips yang juga dapat ibu terapkan adalah dengan mengajak anak untuk berbelanja sayuran seperti kangkung bersama. Nah, ketika berbelanja bersama anak, biarkan Si Kecil memilih kangkung yang menarik menurut dirinya. Kemudian, ajak anak untuk mengolah sayur kangkung bersama. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan anak untuk mengonsumsi sayur kangkung, karena penasaran akan rasanya. 

Itulah beberapa tips kreatif agar anak suka makan sayur kangkung. Mulai dari mengajaknya makan bersama, mencampurkan kangkung ke dalam menu favorit anak, hingga mengajak anak untuk belanja sayuran bersama. Penting untuk mengenalkan berbagai jenis sayuran kepada anak sedari dini, agar ketika dirinya sudah beranjak besar, anak menyukai makanan sehat tersebut. 

Nah, selain dari mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, kebutuhan nutrisi penting pada anak juga dapat terpenuhi melalui konsumsi suplemen kesehatan.

Jika saat ini ibu membutuhkan suplemen kesehatan untuk anak, ibu bisa cek kebutuhan vitamin dan suplemen melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre di apotek berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 

Raising Children.Net.Au. Diakses pada 2022. Vegetables: tips to encourage your child to eat more. 
Kompas. Diakses pada 2022. Orangtua, Ini 5 Tips Anak Mau Makan Sayur. 
Viva News. Diakses pada 2022. Tujuh Ide Kreatif Agar Anak Makan Sayur.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan