4 Cara Merawat Anjing Ras Cane Corso

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   08 Oktober 2021
4 Cara Merawat Anjing Ras Cane Corso4 Cara Merawat Anjing Ras Cane Corso

“Saat melihat anjing Cane Corso, kesan pertama yang muncul adalah anjing ini besar, tangguh, dan kokoh. Ras Cane Corso memang memiliki otot tubuh besar, selalu waspada, percaya diri, dan tidak mengenal rasa takut. Anjing ini dipelihara untuk banyak tugas, termasuk sebagai penggembala.”

Halodoc, Jakarta – Memiliki sifat responsif, tangkas, dan sangat adaptif, anjing ras Cane Corso banyak dipelihara di seluruh dunia sebagai penggembala ternak dan anjing penjaga. Sekilas, anjing ras ini memang terlihat cukup menyeramkan, tetapi sebenarnya, Cane Corso adalah jenis anjing yang menyenangkan, pintar, dan sangat bersahabat kepada manusia. 

Sebagai ras mastiff besar, anjing Cane Corso sangat berotot dan energik. Bisa dikatakan, anjing ini begitu kuat. Namun, mereka juga sangat setia, penuh kasih, lembut, dan sering direkomendasikan untuk keluarga dengan anak-anak atau balita karena anjing ini cenderung sangat protektif terhadap anggota keluarga manusia kecil mereka.

Cara Merawat Anjing Cane Corso

Sebelum memutuskan untuk mengadopsi anjing ras Cane Corso, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang ras satu ini, yaitu: 

  1. Anjing Cane Corso Butuh Tempat yang Luas

Anjing dengan ukuran tubuh yang besar tentu tidak cocok untuk rumah tinggal atau apartemen kecil. Tidak hanya itu, anjing yang aktif tentunya juga membutuhkan banyak ruang untuk tempat mereka bergerak. Memiliki halaman rumah yang luas tidak cukup untuk membuat energi anjing satu ini habis. Kamu juga masih harus mengajaknya berjalan-jalan atau bermain di taman. 

Baca juga: Ketahui Perbedaan Anjing Kampung dan Anjing Ras

  1. Membutuhkan Banyak Stimulasi Mental

Cane Corso termasuk ras anjing dengan kecerdasan luar biasa. Ini artinya, mereka tidak hanya menyenangkan sebagai teman bermain dan berlatih, tetapi juga membutuhkan banyak interaksi dan stimulasi mental. Artinya, jika kamu tidak membiasakan untuk memberikan tugas, melatih, mengajak berinteraksi, hingga memberikan permainan, bukan tidak mungkin anjing ini akan bosan, cemas, susah diatur, bahkan depresi. 

Jadi, pastikan kamu memberikan anjing ini waktu bermain ekstra sebelum pergi bekerja atau beberapa mainan puzzle khusus anjing saat kamu tidak bersamanya. Pastikan pula ada anggota keluarga yang menggantikan kamu mengajak anjing ini berjalan-jalan atau sekadar menemaninya bermain. 

  1. Membutuhkan Perawatan Khusus

Bulu anjing Cane Corso bisa dibilang pendek dan kaku. Namun, bukan berarti anjing ini tidak memerlukan perawatan khusus. Kamu harus memandikan anjing ras ini setidaknya seminggu sekali, dan menyikat giginya setiap minggu sebanyak dua hingga tiga kali. Rawat dan bersihkan bulunya setiap hari dengan menggunakan sikat lembut dan lebar. 

Baca juga: Ras Anjing Apa yang Memiliki Umur Panjang?

  1. Pelatihan dengan Hadiah Makanan Sangat Efektif

Anjing menyukai makanan, bukan? Mungkin benar, tetapi ras Cane Corso lebih dari itu. Mereka akan memakan semua yang kamu berikan. Jadi, tetap berhati-hati saat memberinya makanan karena bisa memicu banyak masalah kesehatan jika berlebihan. Hindari sisa makanan yang kamu makan berada di dekat anjing ini, karena tentu saja, mereka bisa memakannya dengan mudah. 

Kamu perlu tahu pula bahwa anjing ras ini sangat mudah dilatih dengan hadiah makanan. Artinya, anjing ini akan melakukan semua perintah hanya untuk mendapatkan makanan tersebut. Jadi, tentu tidak akan sulit melatihnya, bukan? Berikan saja makanan atau camilan sebagai hadiahnya, dan anjing ini akan menjadi ras yang begitu terlatih. 

Baca juga: 5 Penyakit yang Sering Dialami oleh Anjing Ras

Itu tadi beberapa tips merawat anjing ras Cane Corso, Si Perkasa yang Penyayang. Jangan lupa untuk selalu rutin melakukan pemeriksaan kesehatan anjing peliharaan, lebih mudah lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa tanya jawab dengan dokter hewan kapan saja dengan download aplikasi Halodoc di ponselmu. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

The Pets and Love. Diakses pada 2021. 9 Things To Know Before Getting A Cane Corso Puppy.

Puppy Toob. Diakses pada 2021. Everything You Need to Know Before Adopting a Cane Corso.

Royal Canin. Diakses pada 2021. Cane Corso.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan