4 Buah dengan Kandungan Kalsium Tinggi bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Januari 2023

“Ada beberapa buah yang memiliki kandungan kalsium tinggi bagi kesehatan. Salah satunya adalah buah aprikot yang juga diperkaya dengan antioksidan yang penting bagi tubuh.”

4 Buah dengan Kandungan Kalsium Tinggi bagi Kesehatan4 Buah dengan Kandungan Kalsium Tinggi bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Kalsium adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Sebab, nutrisi ini memiliki berbagai manfaat. Mulai dari menguatkan gigi dan tulang hingga berperan penting dalam mendukung berbagai fungsi organ tubuh, otot, dan keseimbangan hormon. 

Sumber utama kalsium umumnya berasal dari susu dan beberapa produk olahannya. Namun, nyatanya ada beberapa makanan sehat seperti buah yang juga tinggi akan kandungan kalsium. 

Buah dengan Kandungan Kalsium Tinggi 

Nah, ini buah-buahan yang tinggi kandungan kalsium:

1. Aprikot 

Salah satu buah yang direkomendasikan adalah aprikot yang tinggi akan kandungan kalsium. Tak hanya itu, ada berbagai senyawa penting untuk kesehatan seperti  antioksidan yang meliputi beta karoten, vitamin A, C, dan E yang terdapat di dalamnya. Terlebih lagi, buah ini juga memiliki antioksidan polifenol yang disebut sebagai flavonoid yang berfungsi melindungi tubuh dari penyakit, termasuk diabetes dan penyakit jantung. 

2. Buah Ara

Buah ara kering mengandung lebih banyak kalsium daripada buah kering lainnya. Satu porsi buah ara seberat 40 gram mengandung 5 persen kalsium dari kebutuhan harian seseorang. Menariknya lagi buah ara kering juga kaya akan antioksidan dan serat. Bahkan, buah ara juga mengandung potasium dan vitamin K dalam jumlah yang cukup tinggi. Keduanya merupakan mikronutrien yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang. 

3. Kiwi

Buah selanjutnya yang diketahui memiliki kandungan kalsium tinggi adalah kiwi. Buah ini mengandung sekitar 60 miligram kalsium. Selain itu, buah kiwi juga kaya vitamin C yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh. 

4. Buah beri

Selain rasanya yang lezat, buah beri seperti blackcurrant atau blackberry juga dapat menjadi rekomendasi menu makanan sehari-hari. Sebab, kelompok buah beri mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup tinggi dan mudah diserap oleh tubuh lantaran mengandung lebih dari 20 miligram kalsium.

Makanan Lain yang juga Tinggi Kalsium

Selain buah, ada beberapa makanan di luar produk olahan susu yang juga tinggi akan kalsium, yaitu:

1. Makanan fortifikasi

Makanan fortifikasi seperti sereal dapat mempermudah pemenuhan kebutuhan kalsium harian. Sebab, beberapa jenis sereal dapat menyediakan hingga 1000 miligram kalsium setiap sajiannya.  Namun, perlu diingat bahwa tubuh tidak dapat menyerap semua kalsium itu sekaligus. 

2. Sayuran Hijau Tertentu

Beberapa jenis sayuran hijau seperti sawi hijau, bayam, sayuran collard dan kangkung mengandung kalsium tinggi. Sebagai contoh, sayuran collard yang dimasak mengandung 268 miligram kalsium atau sekitar 21 persen dari angka kebutuhan harian. 

Meski begitu, bukan berarti mengonsumsi sayuran hijau dalam jumlah banyak untuk memenuhi kalsium tidak berisiko. Sebab, beberapa jenis sayuran seperti bayam mengandung oksalat yang cukup tinggi. Adapun, oksalat merupakan senyawa alami yang mengikat kalsium dan mengganggu penyerapannya. 

3. Kacang Almond

Dari semua jenis kacang, almond menjadi salah satu kacang dengan kandungan kalsium yang tinggi. Setiap porsi kacang almond seberat 28 gram, dapat menyediakan 6 persen kalsium dari angka kebutuhan harian. Pada porsi yang sama, kacang almond juga menyediakan 3,5 gram serat, serta lemak dan protein yang sehat. Menariknya lagi, kacang almond juga menjadi sumber magnesium, mangan, dan vitamin E yang sangat baik. 

Itulah beberapa buah yang tinggi akan kandungan kalsium. Nah selain dari susu atau makanan lain, kamu juga dapat memenuhi asupan kalsium melalui konsumsi suplemen. Jika saat ini kamu membutuhkannya, kamu bisa cek kebutuhan vitamin dan suplemen melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre lama di apotek. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2023. Top 15 Calcium-Rich Foods (Many Are Nondairy). 
WebMD. Diakses pada 2023. Healthy Foods High in Calcium. 
Food NDTV. Diakses pada 2023. Eat These 7 Calcium-Rich Fruits To Ensure Healthy Bones And Teeth. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan