3 Manfaat Tak Terduga Okra bagi Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   25 Agustus 2022

“Terdapat beberapa manfaat bagi kesehatan yang dapat diperoleh dari mengonsumsi okra. Sayuran ini mengandung antioksidan yang memiliki banyak keistimewaan untuk fungsi tubuh.”

3 Manfaat Tak Terduga Okra bagi Kesehatan Tubuh3 Manfaat Tak Terduga Okra bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Okra atau lady finger merupakan sayuran yang berasal dari tanaman berbunga yang menyerupai sayuran oyong. Tanaman ini lazim dibudidayakan di beberapa kawasan beriklim hangat dan tropis. Misalnya seperti Afrika atau Asia Selatan. 

Selain itu, okra juga hadir dalam dua warna, yakni warna merah dan hijau. Di mana kedua varietas tersebut memiliki rasa yang sama. Sayangnya, di Indonesia, sayuran okra sendiri dianggap masih kurang lazim untuk dikonsumsi. 

Padahal, sayuran yang satu ini merupakan salah satu makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi. Sebab, sayuran ini diyakini memiliki berbagai macam manfaat tak terduga bagi kesehatan. Lantas, kira-kira apa saja manfaat tak terduga dari okra bagi kesehatan tubuh? Yuk, simak informasinya di sini! 

Manfaat Tak Terduga Okra bagi Kesehatan 

Terdapat beberapa manfaat yang diyakini dapat diperoleh dari mengonsumsi okra bagi kesehatan tubuh, seperti: 

1. Antioksidan untuk Menangkal Radikal Bebas

Okra mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Perlu diingat bahwa antioksidan merupakan senyawa dalam makanan yang menangkal kerusakan dari molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. 

Nah, terdapat beberapa antioksidan utama yang terkandung di dalam okra. Mulai dari polifenol, flavonoid, isoquercetin, hingga vitamin A dan vitamin C. Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan pada U.S. National Library of Medicine pada 2017 silam, makanan tinggi polifenol diketahui dapat meningkatkan kesehatan jantung. 

Hal tersebut dapat terjadi karena polifenol dapat menurunkan risiko pembekuan darah dan kerusakan oksidatif. Menariknya lagi, polifenol juga bermanfaat bagi kesehatan otak. Sebab, polifenol dapat melindungi organ tersebut dari peradangan, di mana mekanisme ini dapat melindungi otak dari gejala penuaan dini. 

2. Mampu Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kadar kolesterol yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi. Nah, sayuran okra diketahui mengandung zat seperti gel kental bernama mucilage. Di mana zat tersebut dapat mengikat kolesterol selama pencernaan, dan mengeluarkan kolesterol tersebut melalui feses. Bahkan, sebuah studi yang dilakukan pada hewan tahun 2014 silam juga menunjukkan hasil yang menjanjikan. 

Penelitian yang dilakukan selama 8 minggu secara acak tersebut, membagi tikus menjadi tiga kelompok. Ketiga kelompok tikus tersebut diberikan makanan tinggi lemak yang mengandung satu atau dua persen bubuk okra. Sebagian tikus juga diberikan diet tinggi lemak tanpa bubuk okra sebagai perbandingan. 

Tikus yang mengonsumsi makanan dengan suplemen okra diketahui menghilangkan lebih banyak kolesterol dalam feses mereka. Para tikus tersebut juga memiliki kadar kolesterol total yang lebih rendah, jika dibandingkan dengan tikus yang tidak mengonsumsi suplemen okra. 

3. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah 

Okra juga diklaim dapat membantu menurunkan gula darah, berkat kandungan serat dengan indeks glikemik yang rendah. Karena itu, pengidap diabetes sebaiknya juga mengonsumsi okra, karena sayuran ini dapat membantu mengontrol gula darah. Menariknya lagi, sayuran tersebut juga diyakini dapat menurunkan tingkat penyerapan gula darah di usus dan meningkatkan sensitivitas hormon insulin.

Itulah beberapa manfaat yang tak terduga dari sayuran okra bagi kesehatan tubuh. Mulai dari mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk beragam fungsi tubuh, hingga membantu menurunkan kadar gula darah. 

Berdasarkan beberapa manfaatnya, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi sayuran unik yang satu ini. Kendati demikian, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping. Contohnya, seperti gangguan pencernaan. 

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar okra atau memiliki keluhan kesehatan, segeralah hubungi dokter. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan informasi medis yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Nutrition and Health Benefits of Okra. 
WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Okra. 
NIH. Diakses pada 2022. Dietary Polyphenols in the Prevention of Stroke. 
NIH. Diakses pada 2022. Hypolipidemic activity of okra is mediated through inhibition of lipogenesis and upregulation of cholesterol degradation. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan