3 Manfaat Rajin Konsumsi Squalene untuk Kesehatan Kulit

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   27 Oktober 2022

“Mengonsumsi squalene terbukti dapat mengoptimalkan kesehatan kulit. Seperti misalnya meningkatkan kelembapan dan mencegah tanda penuaan dini.”

3 Manfaat Rajin Konsumsi Squalene untuk Kesehatan Kulit3 Manfaat Rajin Konsumsi Squalene untuk Kesehatan Kulit

Halodoc, Jakarta – Kulit menjadi salah satu bagian tubuh yang perlu dijaga kesehatannya. Jika tidak, kulit berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan keluhan kesehatan. Selain memenuhi kebutuhan cairan dan mengonsumsi makanan bernutrisi, kamu juga bisa mengonsumsi berbagai suplemen untuk kesehatan kulit, salah satunya squalene.

Squalene adalah cairan hidrokarbon yang tidak berwarna dan banyak ditemukan secara alami pada tumbuhan dan hewan. Bahan ini dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu kamu menjaga kesehatan kulit. Untuk itu, ketahui berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan pada kulit ketika rajin mengonsumsi ini.

Apa Itu Squalene?

Tubuh memiliki kemampuan secara alami untuk melembapkan kulit. Namun, kemampuan ini tidak selalu memberikan hidrasi atau kelembapan yang cukup untuk kebutuhan kulit. Alhasil, kamu perlu melakukan perawatan agar tingkat kelembapan kulit tetap terjaga dengan baik.

Salah satu bahan alami yang dipercaya bisa meningkatkan kelembapan kulit adalah squalene. Bahan ini memiliki kandungan antioksidan dan emolien yang bekerja untuk melembapkan kulit sehingga sering digunakan sebagai campuran pelembap atau suplemen.

Perbedaan Squalene dan Squalane

Namun sebaiknya pastikan kamu tidak tertukar saat mengenali squalene dan squalane. Squalene diperkirakan terdapat secara alami dalam minyak alami tubuh sebanyak 10-12 persen. Selain itu, senyawa alami ini juga bisa didapat dari tumbuhan dan minyak ikan, khususnya minyak hati ikan hiu.

Sedangkan, squalane adalah turunan dari squalene yang memiliki manfaat lebih ringan dari squalene. Meskipun demikian, squalane sangat efektif untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, seperti jerawat. Selain itu, squalane juga dapat disimpan lebih lama karena tidak melalui proses oksidasi.

Namun keduanya dapat digunakan dalam produk perawatan kulit sebagai emolien dan antioksidan alami.

Manfaat Squalene untuk Kesehatan Kulit

Ada berbagai manfaat senyawa alami ini yang bisa kamu rasakan untuk kesehatan kulit, seperti:

  1. Melembapkan Kulit

Ketika kamu memiliki kulit yang kering, kondisi ini akan rentan menyebabkan kamu mengalami iritasi atau infeksi kulit. Selain itu, kulit akan terlihat kusam yang dapat menyebabkan penurunan rasa percaya diri. 

Untuk itu, menggunakan suplemen dengan senyawa alami ini dipercaya bisa membantu untuk meningkatkan kelembapan kulit.

  1. Mengurangi Tanda Penuaan Dini

Bahan ini juga bisa membantu untuk mengurangi tanda penuaan dini pada kulit. Ada berbagai kondisi yang menjadi tanda penuaan dini, seperti munculnya kerutan halus hingga flek hitam pada kulit.

  1. Mengatasi Kerusakan Kulit Akibat Sinar Matahari

Saat kamu mengalami sunburn, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengompres dingin bagian tersebut. Namun, kamu juga bisa mengoleskan pelembap yang mengandung squalene untuk membantu mengatasi kerusakan kulit akibat paparan langsung sinar matahari. 

Itulah beberapa manfaat dari senyawa alami ini yang bisa dirasakan untuk kesehatan kulit. Squalene bisa kamu gunakan dalam bentuk suplemen dan krim. Namun, pastikan penggunaannya sesuai dengan dosis yang dibutuhkan.

Selain itu, jika kamu menggunakan krim dengan kandungan senyawa ini, pastikan kamu menggunakannya pada kulit yang bersih dan kering. Oleskan krim secara tipis agar manfaatnya bisa kamu rasakan secara optimal. Jika penggunaan krim ini memicu gejala iritasi, sebaiknya segera hentikan pemakaian.

Segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit untuk memastikan kondisi kesehatan kulit. Kamu bisa pilih rumah sakit terdekat menggunakan Halodoc. Jangan lupa download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.

Referensi:
Byrdie. Diakses pada 2022. What’s Squalene and Why Should You Care?
Healthline. Diakses pada 2022. Shark Liver Oil: Benefits, Uses, and Side Effects.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan