3 Gerakan Olahraga yang Bisa Membantu Mengatasi Perut Kembung

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 Juli 2021

“Perut kembung disebabkan oleh penumpukan gas di usus. Biasanya usus menghasilkan antara 500 sampai 2000 ml yang dikeluarkan secara berkala. Jumlah gas yang berlebihan dan terperangkap di usus bisa memicu perut kembung. Untungnya beberapa gerakan olahraga seperti cat cow, cobra cow, dan torso twist bisa membantu mengatasi perut kembung.”

3 Gerakan Olahraga yang Bisa Membantu Mengatasi Perut Kembung3 Gerakan Olahraga yang Bisa Membantu Mengatasi Perut Kembung

Halodoc, Jakarta –  Perut kembung disebabkan oleh penumpukan gas di usus. Usus biasanya menghasilkan gas antara 500 sampai 2.000 mililiter yang dikeluarkan dari anus secara berkala. Gas di dalam usus dihasilkan oleh udara yang tertelan, sistem pencernaan, konsumsi makanan berserat tinggi, dan produk sampingan dari bakteri usus. 

Beberapa gangguan sistem pencernaan, seperti sindrom iritasi usus besar, dapat menghasilkan gas berlebih. Ada beberapa gerakan olahraga yang bisa membantu mengatasi perut kembung. Simak di sini seperti apa gerakan yang direkomendasikan!

1. Cat Cow

gerakan yoga cat cow

Kamu bisa melakukan gerakan yoga cat cow untuk mengurangi gas di perut penyebab perut kembung. Caranya adalah dengan menumpukan lutut dan kedua telapak tangan di bidang datar. Posisi kepala sejajar dengan badan, lalu lengkungkan punggung seperti posisi kucing sedang marah tahan selama 10 kali hitungan kemudian kembali ke posisi netral. Selain untuk perut kembung, gerakan ini bagus untuk kamu yang sering mengalami sakit punggung.

Baca juga: Berbagai Penyebab Perut Kembung pada Anak yang Perlu Diketahui

2. Cobra Pose

cobra pose

Gerakan olahraga lain yang bisa membantu mengatasi perut kembung adalah cobra pose. Cara melakukannya adalah kamu perlu berbaring dengan posisi perut sejajar dengan lantai, tempatkan kedua telapak tangan sejajar dada, kepala menghadap lantai. Lalu, angkat badan dengan bertumpu pada siku dan lengan menyerupai cobra pose, tahan sampai 10 kali hitungan, lalu ulangi 3-4 kali.

Baca juga: 6 Gerakan Yoga yang Bisa Dilakukan di Rumah

3. Torso Twist

gerakan torso twist

Selain mengatasi perut kembung, gerakan torso twist juga bisa membantu mengecilkan perut. Caranya adalah duduk dengan kedua lutut sejajar dengan dada, tahan, lalu gerakkan badan menyamping dari kiri ke kanan sambil bernapas dengan normal. Lakukan selama 10-20 kali hitungan.

Selain melakukan gerakan olahraga, kamu juga bisa mengurangi gas di perut dengan cara memijat area perut bagian atas dari atas ke bawah secara perlahan dan searah. Selamat mencoba, ya!

Mau tahu apa saja obat untuk mengatasi perut kembung? Baca di artikel ini: “Ini 7 Rekomendasi Obat Kembung yang Ampuh dan Efektif“.

Itulah informasi mengenai gerakan olahraga yang bisa membantu mengatasi perut kembung. Kalau kamu punya pertanyaan seputar masalah kesehatan pencernaan bisa ditanyakan melalui aplikasi Halodoc! Download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Can Yoga Help Aid Digestion? 9 Poses to Try
Healthline. Diakses pada 2021. Say Goodbye to Bloating with This Genius 5-Minute Workout
Better Health Channel. Diakses pada 2021. Flatulence

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan