13 Manfaat Buah Leci yang Sayang Jika Dilewatkan

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 September 2023

“Leci memiliki sejumlah nutrisi yang mendukung kesehatan secara menyeluruh. Manfaat buah leci pun beragam, mulai dari menjaga kesehatan kulit, hingga membantu melawan radikal bebas.”

13 Manfaat Buah Leci yang Sayang Jika Dilewatkan13 Manfaat Buah Leci yang Sayang Jika Dilewatkan

Halodoc, Jakarta – Leci adalah buah yang memiliki kulit tipis dan daging yang manis. Buah ini umumnya berwarna cokelat atau kuning muda saat matang, dan memiliki biji yang besar di dalamnya.

Leci sering dikonsumsi sebagai buah segar atau dalam bentuk kaleng sebagai camilan atau tambahan dalam hidangan. Buah leci juga sering digunakan dalam berbagai hidangan manis, seperti es krim, puding, atau salad buah.

Selain rasanya yang enak, leci juga kaya akan vitamin C dan serat, sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Yuk cek kandungan nutrisi dan manfaatnya!

Kandungan Nutrisi pada Leci

Leci adalah jenis buah tropis yang hampir serupa dengan kelengkeng dan rambutan. Buah ini memiliki kulit buah berwarna merah dan daging buah yang berwarna putih. Rasanya yang manis sedikit asam membuat buah ini banyak digunakan untuk menambahkan sensasi segar pada jenis minuman tertentu.

Kandungan utamanya adalah air dan karbohidrat. Berikut kandungan yang ada dalam 100 gram buah leci, yaitu:

  • Air: 82 persen.
  • Kalori: 66 kalori.
  • Protein: 0,8 gram.
  • Karbohidrat: 16,5 gram.
  • Serat: 1,3 gram.
  • Lemak: 0,4 gram.

Selain itu, buah ini mengandung vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Leci juga mengandung vitamin C, tembaga, hingga potasium.

Buah ini memiliki kandungan antioksidan polifenol yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain polifenol, terdapat kandungan epicatechin dan flavonoid rutin di dalamnya.

Kamu juga bisa cari tahu jumlah asupan leci yang sesuai per harinya melalui artikel ini → Kandungan Gizi Buah Leci yang Baik untuk Kesehatan.

Apa Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan?

manfaat buah leci

Buah ini bisa kamu konsumsi dengan berbagai cara. Mulai dari dalam bentuk buah, pelengkap minuman, hingga bagian dari salad. Rasa yang lezat plus manfaatnya, membuat leci sayang bila dilewatkan. Berikut beberapa manfaat buah leci untuk kesehatan tubuh:

1. Menjaga kesehatan kulit

Leci memiliki sejumlah nutrisi yang mendukung kesehatan kulit. Buah ini mengandung vitamin C, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan. 

Melansir dari jurnal Nutrients, beberapa penelitian mengatakan bahwa kekurangan vitamin C rentan membuat kulit mengalami gangguan. Seperti munculnya tanda penuaan dini hingga kerusakan akibat paparan sinar matahari.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Serat di dalam leci dapat membantu menyehatkan pencernaan dengan mengatur pergerakan usus yang kemudian secara efektif mencegah sembelit.

Serat dapat membantu melancarkan proses buang air besar dan menormalkan gerakan usus, sehingga bisa mengatasi sembelit. Simak tips lainnya untuk mengatasi sembelit di sini → Cara Sederhana yang Bisa Dilakukan saat Sembelit Menyerang

3. Buah leci meningkatkan sirkulasi darah

Tembaga yang terkandung dalam makanan sehat ini membantu meningkatkan perkembangan sel darah merah. Tembaga atau mineral penting ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan pengiriman oksigen ke semua organ dalam tubuh.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang sehat dapat membantu dalam pencegahan penyakit. Nah, buah ini kaya akan vitamin C sehingga bisa menjadi booster untuk sistem imun tubuh sekaligus enak dikonsumsi.

Leci juga memiliki senyawa bioaktif yang menekan kadar neurotransmitter yang menyebabkan kecemasan, insomnia, dan stres.

5. Mengatasi anemia dan kekurangan zat besi

Leci juga efektif mengobati anemia dan masalah kesehatan karena kekurangan zat besi. Ekstrak buah ini kerap digunakan sebagai bahan herbal untuk membantu mengatasi anemia, trombositopenia, dan gangguan terkait darah lainnya.

6. Sumber antioksidan

Buah ini mengandung antioksidan tinggi, sehingga membantu melawan radikal bebas.  Leci kaya akan jenis antioksidan yang disebut polifenol. Zat ini kerap digunakan dalam pengobatan tradisional untuk melindungi dan memperkuat hati dan pankreas.

Buahnya yang segar juga menyediakan beberapa vitamin seperti niasin, vitamin B6, dan folat. Niasin dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) dalam tubuh. 

7. Menyehatkan sistem saraf

Vitamin B6 yang terkandung dalam buah leci juga dapat mendukung sistem saraf yang sehat. Dengan begitu, ini juga membantu tubuh memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

8. Membantu menurunkan berat badan

Buah ini membantu menurunkan lemak tubuh. Ekstrak leci kaya akan polifenol yang secara signifikan mengurangi berat badan, lingkar perut, dan lemak visceral. Nah, lemak visceral adalah lemak di sekitar perut  yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

9. Leci meningkatkan pertumbuhan rambut

Jika kamu mengalami rambut rontok, sebaiknya cobalah untuk mengonsumsi buah ini. Kandungan antioksidan membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat terjadi, sehingga mencegah rambut menjadi tipis saat rontok. 

Melansir dari Archives of Pharmacal Research, rambut dapat tumbuh lebih baik ketika folikel rambut terpelihara dengan baik. Kandungan tembaga di dalam leci dapat merangsang folikel rambut menjadi lebih besar. Hal ini membuat rambut tumbuh dengan lebih sehat.

Kamu bisa jadikan daging buah leci yang telah halus bersama dengan daging lidah buaya. Gunakan campuran kedua bahan ini sebagai masker rambut. Lakukan secara rutin untuk hasil yang lebih optimal.

10. Menjaga kesehatan Jantung

Leci mengandung senyawa oligonol yang mampu meningkatkan produksi oksida nitrat. Kandungan ini mampu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

Kondisi ini akan membuat tekanan pada jantung menurun dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular secara menyeluruh.

11. Meningkatkan kesehatan tulang

Leci menjadi salah satu jenis buah yang bisa kamu konsumsi untuk membantu mengoptimalkan kesehatan tulang. Hal ini karena buah ini mengandung zat besi, mangan, fosfor, dan magnesium.

Jika tulang dalam kondisi yang kuat dan sehat, tentunya kamu dan anggota keluargamu akan terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerang tulang.

12. Menyegarkan tubuh dan mengoptimalkan energi

Mengonsumsi leci pada pagi hari mampu membantu dalam mengoptimalkan energi di pagi hari. Dengan begitu, kamu akan menjalani kegiatan dengan lebih berkualitas.

Hal ini terjadi karena leci mengandung vitamin C tinggi yang baik untuk memproduksi kolagen dan karnitin. Keduanya diperlukan untuk memecah lemak menjadi energi.

13. Memiliki sifat antiinflamasi

Sifat anti-inflamasi dari senyawa antioksidan yang terdapat dalam buah leci juga dapat bekerja untuk mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh, serta mencegah timbulnya berbagai penyakit yang berkaitan dengan peradangan.

Itulah berbagai manfaat buah leci untuk kesehatan. Meski buah ini menyehatkan,  sebaiknya waspada jika kamu atau orang tua kamu memiliki riwayat alergi terhadap jenis makanan tertentu. Karena buah ini bisa memicu alergi yang menyebabkan gangguan kesehatan pada beberapa orang. 

Sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan jika kamu atau anggota keluargamu mengalami gejala terkait dengan alergi setelah mengonsumsi leci.

Selain itu, mengonsumsi buah ini secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan hormon dalam tubuh. Jadi, pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat.

Kamu juga bisa membicarakan kondisi kesehatan yang kamu alami dengan dokter tepercaya di Halodoc. Dapatkan jawaban atas keluhan yang kamu atau keluarga kamu alami secara cepat dan akurat kapan dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Chat dengan dokter sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Lychees 101: Nutrition Facts and Health Benefits.
WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Lychee Fruit.
India.com. Diakses pada 2022. Lychee Benefits: 5 Reasons Why This Juicy Fruit Shouldn’t Be Overlooked This Summer.
Narayana Health. Diakses pada 2023. Health Benefits of Lychee.
Nutrients. Diakses pada 2023. The Roles of Vitamin C in Skin Health.
Archives of Pharmacal Research. Diakses pada 2023. The effect of tripeptide-copper complex on human hair growth in vitro.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan